Sabtu (04/02/2023), Adiwiyata berasal dari bahasa
sansekerta, “adi” yang berarti besar, agung, baik, ideal atau sempurna, dan “wiyata”
yang berarti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan
etika. Berdasarkan hal tersebut, “adiwiyata” dapat diartikan sebagai tempat
yang besar, agung, baik, dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh
seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.
SMPN 2 Kraton merupakan sekolah yang peduli terhadap
lingkungan sehat, bersih, serta indah. Dengan budaya lingkungan sehat, bersih,
dan indah yang telah diterapkan tersebut, SMPN 2 Kraton telah mendapatkan
penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI & Menteri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2021 yang akan menuju ke
tingkat ke Sekolah Adiwiyata Mandiri. Dengan adanya program adiwiyata tersebut,
sekolah mengharapkan seluruh warga sekolah memiliki kesadaran bahwa lingkungan
hijau yang merupakan lingkungan sehat bagi kebutuhan tubuh manusia.
Tujuan dibentuknya Sekolah Adiwiyata adalah untuk membentuk
sekolah yang peduli dan memiliki budaya lingkungan yang mampu berpartisipasi
dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
bagi kepentingan generasi sekarang dan generasi yang akan datang, serta
memiliki tujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam
upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui penataan sekolah yang
baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Terdapat berbagai manfaat dalam mengikuti program adiwiyata
terhadap lingkungan di sekolah maupun lingkungan di luar sekolah, antara lain:
1. 1. Mendukung pencapaian standar kompetensi atau
kompetensi dasar dan standar kompetensi kelulusan (SKL) pendidikan dasar dan
menengah
2. 2. Meningkatkan efisiensi penggunaan dana
operasional sekolah melalui penghematand dan pengurangan konsumsi dari berbagai
sumber daya dan energy
3. 3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan
kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif
4. 4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai
pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga
sekolah dan warga di lingkungan sekitar sekolah
5. 5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan
lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian
kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah
SMPN 2 Kraton telah menerapkan program sekolah adiwiyata, sehingga di dalam lingkungan sekolah memiliki kondisi yang sanngat mendukung untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang kondusif, sehingga SMPN 2 Kraton telah mendapatkan penghargaan dari tingkat daerah hingga tingkat nasional.
Dengan dukungan dari berbagai
pihak SMPN 2 Kraton telah mendapatkan berbagai penghargaan tersebut. Tentunya mendapatkan
penghargaan tersebut dapat tercapai dengan adanya kerjasama dan dukungan yang
baik dari pendidik, tenaga kependidikan, siswa, serta wali murid turut berperan
dalam mendukung program tersebut.
Dengan adanya program adiwiyata
yang ada di SMPN 2 Kraton, semoga menjadi motivasi bagi siswa, pendidik, dan
tenaga kependidikan untuk terus menciptakan lingkungan sehat, bersih, serta
indah. Terimakasih.