SMPN 2 Kraton Sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional dan Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri

 

Sabtu (04/02/2023), Adiwiyata berasal dari bahasa sansekerta, “adi” yang berarti besar, agung, baik, ideal atau sempurna, dan “wiyata” yang berarti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika. Berdasarkan hal tersebut, “adiwiyata” dapat diartikan sebagai tempat yang besar, agung, baik, dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

SMPN 2 Kraton merupakan sekolah yang peduli terhadap lingkungan sehat, bersih, serta indah. Dengan budaya lingkungan sehat, bersih, dan indah yang telah diterapkan tersebut, SMPN 2 Kraton telah mendapatkan penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI & Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional pada tahun 2021 yang akan menuju ke tingkat ke Sekolah Adiwiyata Mandiri. Dengan adanya program adiwiyata tersebut, sekolah mengharapkan seluruh warga sekolah memiliki kesadaran bahwa lingkungan hijau yang merupakan lingkungan sehat bagi kebutuhan tubuh manusia.

Tujuan dibentuknya Sekolah Adiwiyata adalah untuk membentuk sekolah yang peduli dan memiliki budaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang dan generasi yang akan datang, serta memiliki tujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui penataan sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Terdapat berbagai manfaat dalam mengikuti program adiwiyata terhadap lingkungan di sekolah maupun lingkungan di luar sekolah, antara lain:

1.      1.  Mendukung pencapaian standar kompetensi atau kompetensi dasar dan standar kompetensi kelulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah

2.       2. Meningkatkan efisiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematand dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energy

3.       3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif

4.       4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan warga di lingkungan sekitar sekolah

5.      5.  Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah





SMPN 2 Kraton telah menerapkan program sekolah adiwiyata, sehingga di dalam lingkungan sekolah memiliki kondisi yang sanngat mendukung untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang kondusif, sehingga SMPN 2 Kraton telah mendapatkan penghargaan dari tingkat daerah hingga tingkat nasional.

Dengan dukungan dari berbagai pihak SMPN 2 Kraton telah mendapatkan berbagai penghargaan tersebut. Tentunya mendapatkan penghargaan tersebut dapat tercapai dengan adanya kerjasama dan dukungan yang baik dari pendidik, tenaga kependidikan, siswa, serta wali murid turut berperan dalam mendukung program tersebut.

Dengan adanya program adiwiyata yang ada di SMPN 2 Kraton, semoga menjadi motivasi bagi siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk terus menciptakan lingkungan sehat, bersih, serta indah. Terimakasih.

Share:

PP. Terpadu Al-Yasini Pasuruan

Berita Populer

Label

Berita Terbaru